Melacak History DNS Sebuah Domain

Karena satu dan lain hal, terkadang, pengaturan record DNS domain yang kita miliki hilang. Salah satu kasus yang paling sering terjadi adalah efek dari transfer domain antar provider.

Ketika Anda melakukan transfer domain dari satu provider ke provider yang lain, pengaturan DNS management domain dari provider sebelumnya akan ter-reset. Akibatnya, domain Anda secara otomatis tidak bisa diakses. 

Padahal, Anda belum sempat mencatat record DNS sebelumnya? Terus bagaimana? Anda tidak perlu panik. Ada sebuah layanan bernama DNS trails, sebuah layanan keren yang merekan history DNS domain yang pernah aktif di internet.

Menggunakan Layanan DNS Trails

Untuk melacak history DNS sebuah domain di DNS Trails sangat mudah. Anda cukup mendaftar di website https://securitytrails.com/dns-trails kemudian masukkan nama domain milik Anda.

DNS Trails akan menampilkan record DNS aktif, dan juga history DNS domain Anda sebelumnya.



Apakah DNS Trails Gratis?

Pada saat blog ini ditulis, DNS Trails menyediakan layanan free DNS lookup sampai maksimal 50 query per hari. Anda juga bisa berlangganan akun premium, untuk mendapatkan fitur opsional lain yang lebih lengkap.

Berapa Lama DNS Trails Menyimpan History DNS?

Di halaman website-nya, DNS Trails mengklaim menyimpan history DNS sebuah domain sampai sekitar 11 tahun ke belakang. Wow! Waktu yang sangat lama ya. 

Jadi, Anda tidak perlu buru-buru panik, kalau kehilangan konfigurasi DNS. 

Categories: