Generate CSR Via Online Dengan Mudah

Langkah paling pertama untuk mengaktifkan layanan SSL berbayar adalah dengan generate CSR. Menurut Wikipedia, CSR (certificate signing request) adalah pesan yang dikirim dari pemohon ke vendor  penerbit SSL untuk mengajukan sertifikat identitas digital. Singkatnya, CSR itu bisa dianalogikan adalah surat pengantar kelurahan, kalau Anda ingin menerbitkan KTP.

 

Bagaimana Cara Generate CSR?

Ada banyak cara untuk generate CSR. Kalau Anda punya hosting dengan cPanel, CSR bisa digenerate dari cPanel. Kalau Anda punya server dengan OS Linux, CSR bisa digenerate dari server, menggunakan perintah openssl. Bahkan, Anda juga bisa generate CSR dari komputer Windows, menggunakan bantuan XAMPP.

 

Langkah-Langkah Generate CSR Online

Kalau Anda masih awam, atau merasa terlalu repot untuk generate CSR melalui cpanel/server, Anda bisa memanfaatkan tool CSR generator online, yang bisa diakses dari alamat https://csrgenerator.com/

Berikut langkah-langkah generate CSR secara online:

2. Masukkan data yang diperlukan:
 
- Country: ID
- State: Provinsi Anda (Contoh: DKI Jakarta, Jawa Barat, dst)
- Locality: Kota Anda (Contoh: Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, dst)
- Organization: Masukkan nama perusahaan Anda. Kalau tidak ada, bisa diisi Personal
- Organizational Unit: IT
- Common name: masukkan nama domain dengan www (Contoh: www.domainku.com)
- Terakhir, klik tombol Generate CSR
 
3. Simpan CSR dan Private Key Yang Tampil
Setelah klik tombol Generate CSR, akan muncul teks CSR dan privatekey. Copy dengan cara double click, klik kanan, lalu pilih Copy. Paste di teks editor seperti Notepad.
 
4. Simpan Private Key
Pada teks dengan awalan dan akhiran -----BEGIN PRIVATE KEY----- silahkan Anda simpan dengan nama file domainku.key kemudian simpan baik-baik, jangan sampai hilang. File privatekey ini akan digunakan nantinya pada proses instalasi SSL.
 
5. CSR Siap Digunakan
Teks CSR adalah yang diawali dan diakhiri dengan kata -----BEGIN CERTIFICATE REQUEST-----. Teks CSR sudah siap digunakan, dan bisa Anda masukkan di halaman konfigurasi SSL di layanan di mana Anda order SSL.