Mengubah Permission Folder & File Massal di cPanel Memakai Command Line

Sudah upload file dan folder website ke public_html cPanel, tapi ketika domain diakses masih menampilkan tulisan Forbidden ?

Bisa jadi, masalahnya hanya karena permission file dan folder website Anda belum diset dengan baik. Supaya bisa tampil, permission file harus diset 0644, sedangkan permission folder harus diset menjadi 0755.

Sebenarnya, File Manager cPanel sudah menyediakan opsi untuk mengubah file permission. Hanya saja, opsi itu tidak efisien untuk mengubah permission banyak file dan folder, karena harus dilakukan manual satu per satu. Apabila data website Anda jumlahnya sangat banyak, tentu sangat melelahkan dan memerlukan banyak waktu.

Menggunakan Shell Access

Ada cara yang lebih praktis untuk mengubah permission banyak file dan folder sekaligus (bulk), yaitu dengan menggukan perintah teks (command line) melalui shell access di cPanel.

Apabila Anda memiliki layanan hosting cPanel dengan shell access, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka menu Terminal di cPanel



2. Klik tombol I understand and want to procees.



3. Jalankan perintah-perintah berikut:

Mengubah permission folder di public_html menjadi 0755:

find /home/usercpanel/public_html/ -type d -exec chmod 755 {} \;

Mengubah permission file di public_html menjadi 0644:

find /home/usercpanel/public_html/ -type f -exec chmod 644 {} \;

Catatan:

1. Ganti usercpanel dengan user cpanel hosting milik Anda, yang bisa dilihat di halaman depan cPanel, di bagian General Information.

2. Tidak semua cPanel memiliki shell access, Anda harus menanyakan ke layanan hosting yang digunakan. Apabila paket hosting yang Anda pakai saat ini tidak memiliki shell access, Anda bisa meminta bantuan tim technical support untuk membantu melakukan perubahan file permission massal folder public_html.