Menampilkan Pilihan Versi Windows Pada Installer Windows 10/11

Karena satu dan lain hal, terkadang Anda harus menginstalasi ulang Windows di laptop atau PC. Supaya lisensi Windows yang sebelumnya bisa aktif kembali secara otomatis, maka Anda harus menginstal versi Windows yang sama dengan sebelumnya.

Contoh: jika sebelumnya di laptop Anda terinstal Windows 10 Home dengan lisensi resmi, maka Anda juga harus menginstal Windows 10 Home supaya lisensi sebelumnya otomatis terbaca.

Sayangnya, tidak seperti Windows 7, installer Windows 10/11 tidak tersedia secara terpisah untuk masing-masing versi yang ada. Hanya ada 1 installer universal untuk Windows 10 dan 11, yang bisa digunakan untuk menginstal ulang Windows dalam pelbagai versi yang diinginkan.

Normalnya, installer Windows 10/11 akan mampu membaca versi Windows sebelumnya, tanpa harus memilih pada saat instalasi. Namun, kadangkala hal itu tidak terjadi. 

Untuk menampilkan versi Windows pada saat instalasi, berikut langkah-langkahnya:

1. Buat dulu USB Installer Windows

2. Buka notepad atau text editor, lalu simpan dengan nama ei.cfg kemudian isikan teks berikut ke dalamnya:

[Channel]
_Default
[VL]
0

3. Simpan file, kemudian pindahkan file ei.cfg tersebut ke dalam USB installer windows yang sudah dibuat sebelumnya, masukkan ke dalam folder Sources.

 4. Boot USB dan mulai instalasi. Kini, pilihan versi Windows akan muncul pada saat instalasi Windows. Pilih versi Windows yang sesuai dengan versi yang terinstal di laptop Anda sebelumnya, supaya lisensinya aktif kembali secara otomatis.